Manfaat Detailing untuk Cat Mobil Anda

PROMO TERBARU

Manfaat Detailing di Salon Mobil

Detailing mobil merupakan proses atau teknik perawatan untuk mempercantik mobil agar tampilannya lebih maksimal dan sempurna. Tak hanya untuk bagian eksterior mobil saja, namun detailing juga dapat dilakukan secara menyeluruh dan sampai ke interior kendaraan. Terdapat banyak proses untuk melakukannya, oleh karena itu Anda bisa memanfaatkan layanan detailing di salon mobil agar hasil lebih maksimal.

Untuk saat ini ada banyak sekali salon mobil yang bisa Anda gunakan untuk perawatan mobil Anda, salah satunya adalah Time 2 Shine. Time 2 Shine merupakan salah satu salon mobil terbaik di Jogja yang telah memiliki pengalaman di bidang Auto Detailing sejak tahun 2015. Selama hampir 10 tahun ini, Time 2 Shine sudah melayani lebih dari 2000 jenis mobil dari berbagai tipe maupun merek.

Tentu ini menjadi alasan tersendiri mengapa Time 2 Shine jadi salon mobil Jogja terbaik untuk saat ini. Sekadar informasi saja, saat ini juga sudah ada cabang di Semarang dan akan ada cabang-cabang baru di kota lainnya. Karena saat ini Time 2 Shine juga membuka peluang kemitraan salon mobil.

Nah, dengan memilih salon mobil yang tepat, tentu saja mobil akan mendapatkan perawatan detailing secara maksimal dan tentunya aman untuk cat mobil Anda.

Pentingnya Tahu Waktu untuk Detailing Mobil

Sebelum Anda merasakan berbagai manfaat dari detailing mobil, tentu saja Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukan perawatan mobil Anda. Apakah harus dilakukan setiap bulan, beberapa bulan sekali, atau ketika mobil sudah terlihat kotor.

Jadi waktu yang tepat untuk melakukan detailing itu kami merekomendasikan setiap 6 bulan sekali. Atau jika mobilitas Anda padat, mungkin bisa lebih cepat. Yang penting adalah melakukannya secara rutin dan berkala, agar kondisinya tetap prima dan terjaga kualitasnya.

Atau bisa juga ketika kondisi mobil Anda mengalami beberapa masalah, seperti cat yang terlihat kusam, muncul waterspot dan swirl mark, atau ketika mobil habis digunakan di medan yang kotor.

Perawatan mobil seperti detailing ini memang sangat penting dan wajib untuk dilakukan agar kendaraan tidak mudah rusak. Oleh karena itu, gunakan jasa auto detailing atau salon mobil yang tepat dan berkualitas.

Manfaat Detailing Mobil

Melakukan perawatan mobil seperti detailing ini memang memberikan banyak sekali manfaat. Apa saja manfaatnya?

1. Memudahkan Proses Perawatan Mobil

Pada bagian eksterior, biasanya proses detailing menggunakan cara poles atau coating. Yang mana lapisan cat mobil tersebut akan dilapisi dengan bahan tertentu.

Mobil yang sudah dilakukan detailing, biasanya akan memiliki Shiny effect. Sehingga hal ini akan membuat proses perawatan selanjutnya jadi lebih mudah.

2. Mobil Bebas Bercak Air

Adanya proses coating atau waxing tentunya akan membuat body dan cat mobil menjadi terlapisi. Lapisan tersebut akan memberikan efek seperti daun talas, dalam artian air serta kotoran tidak menempel pada permukaan mobil. Hal tersebut tentunya akan membuat permukaan mobil bisa tetap mulus serta bebas bercak air yang nantinya akan membuat waterspot.

3. Terlindung Dari Sinar Ultraviolet

Sinar UV tidak hanya berbahaya bagi kulit manusia, tetapi untuk cat mobil juga akan membuat dampak buruk ke depannya. Kalau mobil sering terkena sinar UV, akan membuat cat jadi rusak dan akhirnya terlihat kusam.

Untuk itu dengan detailing terlebih jika menggunakan Nano Ceramic Coating akan menjaga cat dari sinar UV. Sehingga cat mobil akan tetap berkilau dan cerah.

4. Tampilan Mobil Fresh dan Mengkilap

Prosesnya sendiri akan membuat tampilan mobil jadi berbeda dan langsung terlihat saat itu juga. Mobil yang sudah memperoleh perawatan serta polesan tentu saja akan tampil lebih fresh dan mengkilap. Selain itu, mobil juga akan lebih nyaman untuk dikendarai dan tampilannya juga lebih terawat.

Proses Detailing Mobil

Proses detailing mobil tidak sesederhana melakukan perawatan mobil seperti cuci mobil dan diberi wax. Tetapi prosesnya sangat mendetail, sesuai dengan namanya. Karena kotoran atau noda terkecil pun akan dihilangkan, bahkan yang ada di sela-sela interior.

Jadi wajar jika ini akan memakan waktu yang tidak cepat. Tetapi di Time 2 Shine, proses detailing mobil dapat dilakukan dengan cepat tanpa mengurangi kualitas pengerjaannya. Karena kami telah memiliki SOP yang dapat membuat proses pengerjaan lebih efisien tetapi tetap optimal.

Lalu bagaimana proses detailing mobil itu?

1. Proses Pembersihan

Sebelum masuk ke tahap detailing, mobil akan dilakukan pembersihan dengan cara di cuci terlebih dulu. Proses pencuciannya pun juga tidak sembarangan, harus dilakukan dengan detail dan memastikan bahwa kotoran-kotoran yang menempel khususnya di bagian-bagian kecil dapat hilang.

Dan jangan sampai proses pencucian justru malah merusak cat, misalnya saja muncul baret halus atau swirl mark.

Pembersihan mencakup eksterior dan interior. Tetapi jika layanan detailing yang dipilih yang detailing eksterior saja, biasanya hanya bagian eksterior saja yang dibersihkan dan bagian mesin.

2. Proses Perbaikan Cat

Kemudian apabila ada bagian cat yang rusak misalnya saja ada waterspot atau swirl mark, maka itu akan dibersihkan dulu. Termasuk jika ada baret-baret halus.

Proses Paint Correction ini penting dilakukan sebelum masuk ke tahap deep detailing dan finishing. Karena jika cat masih kurang baik, hasil detailingnya juga akan kurang maksimal.

Apalagi di bagian body samping bawah biasanya akan menempel aspal-aspal kecil. Maka perlu dibersihkan dulu menggunakan Tar Remover.

3. Proses Perlindungan

Kemudian akan dilakukan Protection baik di bagian bodi mobil (cat) maupun eksterior lain seperti kaca, ban, velg, dan lainnya.

Di tahap ini akan dilakukan Pain Protection seperti penggunan Wax dan Trim Restorer yang akan membuat efek kilau pada cat. Di bagian mesin juga tak luput untuk dilakukan dressing, sehingga tidak ada lagi kotoran yang membandel di mesin dan tentunya akan membuat area mesin jadi lebih bersih dan terawat.

Proses ini akan lebih deep, untuk memastikan semua celah dapat terproteksi dan terbebas dari kotoran.

4. Maintenance

Nah PR selanjutnya adalah maintenance yang perlu dilakukan oleh pengguna. Meskipun mobil sudah dilakukan detailing dan terlihat berkilau manis, tetap harus dilakukan maintenance mandiri.

Salah satu caranya adalah dengan tidak melakukan cuci mobil secara sembarangan. Banyak kasus kerusakan cat mobil itu berasal dari salah cuci mobil. Mencuci yang notabene dapat membersihkan, justru bisa jadi petaka karena kesalahan prosedurnya.

Kesalahan besarnya adalah mencuci menggunakan satu ember yang di dalamnya akan tercampur kotoran halus. Dan akhirnya kotoran itu akan tergesek di saat mencuci.

Maintenance lainnya tentu dengan melakukan perawatan rutin paling tidak 6 bulan sekali. Agar kualitasnya tetap terjaga.

Harga Detailing Mobil

Lalu, berapa harga atau biaya yang harus dikeluarkan dari proses detailing? Untuk biaya detailing mobil ini bervariasi. Di Time 2 Shine, telah memiliki paket detailing yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran mobil Anda.

Di Time 2 Shine memiliki 4 layanan utama detailing mobil, yaitu :

  • Exterior Polishing, yaitu poles mobil yang fokus pada bagian eksterior dengan paket termurah di harga Rp 600ribu.
  • Interior Detailing, yaitu detailing mobil di bagian interior saja dengan paket termurah di harga Rp 200ribu.
  • Full Detailing, yang merupakan detailing eksterior dan interior dengan paket termurah di harga RP 750ribu.
  • Nano Ceramic Coating, yang merupakan perlindungan cat mobil menggunakan teknologi Nano dengan paket termurah di harga Rp 1,4 juta.

Kira-kira kebutuhan mobil Anda seperti apa dan cocok pakai paket yang apa? Jika Anda bingung, konsultasikan kepada kami melalui kontak di bawah ini.

Facebook
X
WhatsApp
Telegram
Threads

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *